Bagaimanakah Pendidikan Secondary School Jakarta yang Berkualitas?

Bagaimanakah pendidikan Secondary School Jakarta yang berkualitas? Setelah lulus sekolah dasar, siswa melanjutkan lagi ke tahap sekolah menengah atau secondary school. Beberapa negara menganut sistem secondary sejak kelas 7 hingga kelas 12. Sedangkan Indonesia membaginya menjadi menengah pertama (SMP) dan menengah atas (SMA).

Bukan Lagi Bermain, Tapi Membangun Pribadi yang Beretika

Saat TK dan SD, bersekolah adalah sarana bermain sesuai aturan. Anak dilatih agar cinta sekolah dan menuntut ilmu. Pemilihan sekolah di tahap ini sangat penting sebagai dasar untuk masuk ke jenjang secondary school.

Sama halnya dengan sekolah dasar, secondary school Jakarta banyak sekali pilihannya. Dengan usia anak yang semakin matang, maka lebih tak mungkin lagi orang tua memaksakan kehendak pada anak saat pemilihan sekolah. Karena yang terpenting dibangung di tahap ini adalah santun berbicara, belajar menginspirasi orang lain, menghormati keberagaman, mampu mengendalikan emosi, optimis dalam hidup, dan memantapkan karakter baik yang dimiliki.

Memilih Kurikulum yang Tepat

Setiap tahun ajaran baru, tiap sekolah berlomba memperkenalkan diri bersama dengan kurikulum yang mereka anut. Kurikulum ini adalah acuan pembelajaran bagi siswa yang mengacu pada beberapa sistem.

Sekolah negeri atau swasta nasional wajib mengacu pada kurikulum 2013 (K-13) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum Tahun 2013. Namun secondary school Jakarta lainnya, bisa mengacu pada kurikulum lain, seperti Cambridge, Baccalaureate (IB), atau Amerika Serikat.

Pilihan kurikulum ini umumnya akan berpengaruh pada penyediaan guru, fasilitas, metode pembelajaran, dan biaya per satuan pembelajaran. Sekolah yang mahal, belum ada jaminan akan lebih baik daripada yang murah. Salah satu parameternya bisa dilihat dari berapa banyak lulusannya yang berhasil masuk di perguruan tinggi negeri, swasta nasional dan luar negeri.

Indikator lain adalah banyak lulusannya yang langsung bekerja selepas lulus sekolah menengah. Beberapa SMK yang berbasis pada keterampilan kerja, biasanya punya hubungan erat dengan para penyedia kerja sehingga lulusan terbaiknya dapat segera bekerja.

Lalu Apa yang Penting Dalam Memilih Sekolah Menengah?

Pendidikan secondary school Jakarta yang berkualitas erat dengan penyediaan guru yang kompeten, fasilitas yang memadai dan latihan keterampilan yang mampu mewadahi potensi siswa secara maksimal.

Kondisi tersebut jika didukung dengan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan kondusif akan merangsang potensi siswa tumbuh maksimal. Guru dan staf yang kompeten dan sejahtera pun dapat memberikan pendampingan maksimal bagi siswa.

Guru pun mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya sehingga mampu mengimbangi pertumbuhan siswa dengan baik.

Secara akademik, guru di secondary school Jakarta mampu mengikuti jaman dalam hal ilmu dan metode supaya bisa membimbing siswanya sesuai dengan kurikulum yang dianut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>